Halaman

Wednesday, August 7, 2013

Puasa Dapat Memperpanjang Umur

Berpuasa di ramadhan pastilah suatu amalan yang ditunggu-tunggu oleh setiap muslim di seluruh dunia. Bukan hanya di bulan ini amalan dilipatgandakan, tetapi juga di bulan ini ada dua momen di mana kenikmatan sangat besar dirasakan oleh orang yang berpuasa, yaitu saat berbuka dan saat melaksanakan salat malam.

Tetapi tahukan Anda, bahwa kebaikan dari berpuasa bukan hanya berada pada dua momen itu. Ada manfaat besar yang secara tidak kita sadari kita dapatkan dari berpuasa di bulan Ramadhan.

Manfaat Besar itu adalah : Berpuasa dapat memperpanjang umur.

Berdasarkan penuturan dr. Agus Rahmadi; seorang dokter yang ahli dalam pengobatan herbal dan Thibbun Nabawi, berpuasa dapat melipatgandakan umur seseorang. Hal ini beliau tuturkan bukan tanpa dasar apapun, tetapi berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Saintis berkebangsaan Jerman.


Mereka melakukan percobaan penelitian metode eksperimental menggunakan mencit dengan diberikan tiga perlakuan yang berbeda dalam hal pola pemberian makan sampai dengan periode tertentu.
  • Kelompok pertama : mencit diberi pola makan seperti manusia biasa yaitu tiga kali sehari.
  • Kelompok kedua : mencit dipuasakan pada hari senin dan kamis, selain hari itu, makan seperti biasa.
  • Kelompok ketiga : mencit dipuasakan seperti pola puasa Nabi Daud, yaitu sehari puasa-sehari tidak.

Setelah berselang empat tahun percobaan memberikan hasil :
Kelompok mencit pertama mati pada tahun kedua.
Kelompok mencit kedua dan ketiga mati pada tahun keempat.

Berdasarkan penelitian tersebut menunjukkan bahwa Puasa dapat menambah umur mencit sampai dua kali lipat. Suatu penambahan umur yang signifikan. Bayangkan apabila manfaat itu dialami manusia. Dari penelitian diatas, sepertinya umur suatu makhluk hidup memiliki hubungan yang erat dengan kuantitas makan.

Terdapat banyak teori penuaan yang telah ditemukan di dunia medis, dan salah satunya adalah teori Metabolisme. Teori ini mengatakan kuantitas metabolisme seseorang berbanding lurus dengan kecepatan penuaan sel. Artinya, semakin banyak metabolisme terjadi, maka akan semakin cepat penuaan seseorang.
Metabolisme sendiri erat kaitannya dengan banyaknya makanan yang kita makan. Semakin banyak makan, maka semakin banyaklah metabolisme yang terjadi ditubuh seseorang dan semakin cepatlah proses penuaan seseorang.
Dan hal ini berlaku juga kebalikan, yaitu : semakin sedikit makan, maka semakin sedikitlah metabolisme yang terjadi, maka semakin lambatlah proses penuaan seseorang.

Berdasarkan uraian diatas, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa Berpuasa memiliki manfaat memperpanjang umur. Apalagi jika puasa tidak hanya kita lakukan di bulan ramadhan, tetapi juga kita lakukan di bulan-bulan lain selain Ramadhan. Puasa yang dimaksud adalah puasa-puasa sunat seperti puasa Senin-Kamis, puasa tiga hari Ayamul Bidh, puasa Arafah, dan puasa-puasa lain yang disyariatkan oleh Islam.

Wallahu'alam Bissawab.

Artikel ini dibuat untuk diikutsertakan pada Kompetisi Blog BEM Farmasi FK Unand

No comments:

Post a Comment